photo MAKTABAHJAWILAN2_zpsc5eccfb9.jpg

Taman Bacaan Masyarakat Maktabah Jawilan Sebagai Sumber Sarana dan Media Belajar Kita Untuk Menguasai Dunia. Silahkan Sumbangkan Buku Bekas Anda Ke Maktabah Jawilan Yang Berlokasi di Kp. Sabrang, Desa/Kec. Jawilan, Serang-Banten 42177. Program Donasi BUKU TBM MAKTABAH JAWILAN Melalui Rekening Bank BRI Unit Cikande No. Rekening 3852-01-024266-53-5 An. H. Bakroni Latar

Kamis, 25 April 2013

Bahaya Laten Berlindung dibalik Kata "Menuntut Keadilan"

Sahabat Pembaca Maktabah Jawilan, kali  ini  Aa  akan share terkait  :  BAHAYA LATEN BERLINDUNG DIBALIK KATA “MENUNTUT KEADILAN”. Adil bukan berarti sama rata, namun adil  adalah menempatkan sesuatu pada tempat nya sesuai dengan porsinya, misalkan dalam keluarga kita ada 3 orang, yang satu duduk di perkuliahan, yang satu duduk di SMA dan yang satu lagi duduk di SMP

Jika kita memberikan uang jajan ataupun biaya disama ratakan antara mereka apakah itu yang dinamakan adil, begitu juga dengan perkara lain, kita mesti bisa membedakan mana adil dan mana kebijakan, tidak semua kebijakan itu adil namun sudah pasti setiap yang adil itu bijak.

Contoh  kecil  dari  sesuatu  yang  bijak  namun  tidak  adil  adalah  manakala  kita melakukan suatu tugas/pekerjaan namun kita telah melakukan kesalahan atau pelanggaran diluar koridor aturan yang tela ditentukan lalu kita di keluarkan dari pekerjaan, nah itu adalah bentuk dari kebijakan suatu perusahaan namun dirasa tidak adil bagi subjekker tertentu.

Jika ada aturan setiap orang yang melakukan kesalahan/pelanggaran dalam suatu perusahaan tertentu kosekuensi nya adalah dikeluarkan, terus ada yang melanggar lantas orang tersebut dikeluarkan itu adalah implementasi dari suatu penegakan keadilan dan itu sangat bijak.

Jika kita tidak bisa membedakan mana keadilan, kebijakan dan supermasi hukum, lalu kita berlindung dibalik kata menuntut keadilan dikhawatirkan justru malah nanti akan terjerumus kearah pendzoliman terhadap sesama, dan dipastikan kesalahan nya akan bertambah selain dikeluarkan dari perusahaan juga telah menyakiti hati orang lain, dan kelak diakhirat akan dituntut pertanggungjawabannya.

Jika kita menuntut suatu keadilan tentu ada yang dihakimi, dan dibutuhkan adanya dalil-dalil ataupun bukti-bukti data konkret untuk dijadikan persaksian, jika dalam menuntut keadilan itu salah langkah, salah ucap dan salah persaksian itu berbahaya dikhawatirkan akan menjerumuskan kita kepada sifat hasad, dan itu sesuatu yang sangat berbahaya baik bagi diri sendiri dan orang lain, tentu setiap ucapan, dan persaksian itu akan dipinta pertanggungjawabannya oleh Allah di akhirat kelak.

Masih Dalam Pembahasan Keadilan Ataupun Peradilan
Allah SWT dalam Al Qur’an berfirman (yang artinya):
"Kalian adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, kalian menyuruh yang ma'ruf dan mencegah yang munkar dan kalian beriman kepada Allah". (Ali- Imran : 110)
"Dan demikian (pula) kami telah menjadikan kalian umat yang adil dan pilihan". (Al- Baqarah : 143)

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menjelaskan bahwa para shahabat dan umat Islam yang mengikuti jejak mereka adalah orang-orang yang adil. Sebagaimana sabda beliau:

"Dari Abu Sa'id Al-Khudri adalah ia berkata: "Telah bersabda Rasulullah shallallahu
'alaihi wasallam: "Nuh akan dipanggil pada hari kiamat. Lalu ia menjawab: "Aku penuhi panggilan-Mu dan Maha Bahagia nama-Mu wahai Rabb-ku". Allah bertanya: "Apakah sudah engkau sampaikan (dakwah/risalah)?" Ia berkata: "Ya sudah". Lalu umatnya ditanya: "Apakah ia sudah menyampaikan (risalah) kepada kalian?" Mereka berkata: "Tidak pernah ada pemberi peringatan (da'i) yang datang kepada kami." Allah bertanya lagi kepada Nuh 'Alaihi sallam: "Siapakah yang akan menjadi saksi bagimu (bahwa kamu sudah menyampaikan risalah)?"

Ia (Nuh) menjawab: "Muhammad dan umatnya". Kemudian ia menjadi saksi bahwa ia telah menyampaikan risalah dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menjadi saksi atas kalian. Demikianlah Allah berfirman: "Dan demikian (pula) kami telah menjadikan kalian umat yang adil dan pilihan agar kalian menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menjadi saksi atas (perbuatan) kalian". Wasath dalam ayat ini bermakna adil. (Hadits Shahih Riwayat Bukhari/Fathul Bari 8 : 171-172 No. 4487).

Semoga kita menjadi orang yang maghfur, termasuk orang yang lurus yang selalu memikirkan perasaan orang lain sebelum melakukan suatu tindakan, termasuk orang yang selalu mengedepankan kemaslahatan, dan memperkuat Ukhuwah Islamiyah serta selalu bepacu kepada Al Qur’an dan Assunah….

“Mutiara Hikmah” Semoga Bermanfaat

Rabu, 24 April 2013

Informasi Pendaftaran Beasiswa Universitas Al Ahgaff Yaman 2013

TAHUN PELAJARAN 2013


Sahabat Pembaca Maktabah Jawilan kali ini Aa Rony akan share informasi seputar tes pendaftaran beasiswa  tahun pelajaran 2013 untuk Universitas Al Ahgaff Yaman, ini merupakan peluang bagi sahabat-sahabat sekalian yang ingin belajar ke Negeri Imani, jangan disia-siakan beasiswa ini, sengaja Aa buatkan informasi ini mengingat banyak sekali diantara sahabat-sahabat pembaca Maktabah Jawilan yang SMS ke Aa Rony minta informasi syarat dan lokasi tes pendaftaran di Indonesia khusus untuk beasiswa di Universitas Al Ahgaff Yaman, berikut ini informasi lengkap nya : 

Syarat-Syarat Pendaftaran: 
1.      Mengisi formulir
2.      Menyerahkan copy ijazah SMU/sederajat 2 lembar dengan nilai rata-rata minimal 7,5 (umur ijazah tidak lebih dari 3 tahun)
3.      Menyerahkan pas foto berwarna berbackground putih 4x6 sebanyak 4 lembar
4.      Menyerahkan surat pengantar dari pesantren atau sekolah yang bersangkutan
5.      Menyerahkan copy raport kelas 11, 12 dan 13 yang telah dilegalisir oleh SMU/sederajat yang bersangkutan (khusus bagi yang ijazahnya belum siap).
6.      Pendaftaran dibuka mulai awal bulan April 2013 dan berkas harus sudah diterima di kantor pusat Universitas Al-Ahgaff di Indonesia melalui pos, jasa titipan kilat atau email paling lambat 7 hari sebelum masa ujian di mulai.

TEMPAT TES DAN PENDAFTARAN  TERDAPAT DI 8 PROVINSI DI INDONESIA YAITU :
1.      CIREBON – JAWA BARAT
2.      TRAS PALU KULAWI – SULAWESI TENGAH
3.      MEDAN – SUMATRA UTARA
4.      PALEMBANG – SUMATRA SELATAN
5.      LOMBOK – NTB
6.      REMBANG – JAWA TENGAH
7.      BANGIL, PASURUAN – JAWA TIMUR
8.      BANJAR BARU – KALIMANTAN SELATAN


SEMOGA BERMANFAAT,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Sabtu, 20 April 2013

Tawaran Nelpon Murah Keseluruh Dunia Dengan Program Bestphone

Sahabat Pembaca Maktabah Jawilan, kali ini Aa akan Menawarkan PROGRAM MENELPON MURAH KESELURUH DUNIA, dengan menggunakan Bestphone, harganya cukup murah dibanding dengan menggunakan HP selluler biasa, kalo kita menggunakan MTN atau Sabafon yang harganya 1.000/ 1.050 ke Indonesia itu hanya sekitar 8 Menit 

Tapi dengan menggunakan Bestphone Hanya dengan harga 1.500 Real Yaman bisa Nelpon ke Indonesia selama 1 Jam sangat murah bukan, program ini Aa Rony rasa sangat baik dan efektif bagi temen-temen yang ingin menelpon ke Indonesia, karena bisa puas dan bisa temu kangen dengan Istri, dan Keluarga (eit itu bagi yang sudah Nikah, yang belum nikah semoga cepat nikah amiiin)


Cara Menggunakan Program Bestphone ini cukup mudah dan sangat sederhana, Langkah-langkah nya adalah sebagai berikut : 
  1. Ada Laptop Lengkap Dengan Headphone dan Wifi/ Internet
  2. Download lalu Install Software Bestphone nya   DOWNLOAD DISINI
  3. Setelah di Install Tinggal digunakan deh Bestphone nya mudahkan, kalo masih penasaran petunjuk cara penggunannya berikut Aa Rony buatkan TUTORIAL nya  DOWNLOAD DISINI

DEMIKIAN PENAWARAN PROGRAM NELPON MURAH INI AA BUAT SEMOGA BERMANFAAT,,,,,,, BURUAN BELI STOK TERBATAS,,,,,

Bagi Yang Berminat Silahkan Hubungi Aa Rony di Sana'a - Yaman di HP : +967 7151 383 99

Rabu, 17 April 2013

Kondisi Politik, Ekonomi, & Keamanan Yaman Masih Belum Stabil

Sahabat pembaca Maktabah Jawilan, sudah lama Aa tidak menggoyangkan jari di keyboard laptop, lantaran minggu-minggu ini Aa sangat sibuk sehingga tidak sempat untuk share informasi dengan Sahabat-sahabat semua, ok kali ini Aa akan mencoba berbagi informasi terkait Situasi Politik, Ekonomi dan keamanan di Yaman, ketiga situasi tersebut saya fikir masih belum stabil, pasal nya sampai saat ini listrik di Yaman masih belum normal (sering terjadi mati listrik), hal itu karena disebabkan oleh serangan bom terhadap pusat mesin listrik yang berada di daerah Ma'rib dari kelompok tertentu sehingga menyebabkan listrik mati. 

Akibat krisis, masih suka terjadi penipuan misalnya dalam hal transaksi/jual-beli HP dengan cara hipnotis dan lain-lain, ditambah di Yaman masih rawan penculikan pada beberapa diplomat asing seperti yang telah terjadi pada Diplomat Kedutaan Kerajaan Arab Saudi pada tahun lalu, dan pada beberapa Diplomat asing lainnya. 

Orang Yaman umumnya masih belum ada kesadaran dalam ethos kerja, mereka suka masih malas-malasan dalam melaksanakan tugas, hal itu terlihat jelas dibeberapa instansi tertentu, mereka kurang begitu menepati waktu kerja dan janji yang telah ditentukan, selain itu mereka kebanyakan tidak mentaati peraturan rambu-rambu lalu lintas, buktinya lampu rambu-rambu lalu lintas jelas terpasang di setiap sentereo jalan utama di Yaman namun mereka tidak mau mentaatinya sehingga mesti ada Satlantas yang berjaga dan mengatur alur lalu lintas dengan isyarat-isyaratnya.

Lampu rambu-rambu lalu lintas di abaikan, bahkan sama sekali tidak difungsikan, hal itu cukup rawan untuk terjadinya kecelakaan, bagi orang asing yang mengedarai kendaraan roda 4 di Yaman mesti selalu hati-hati dan tetap waspada, kendatipun demikian kodarollah ternyata di tabrak dari belakang ataupun dipepet dari pinggir lantaran masyarakat setempat ugal-ugalan dan semberono dalam berkendaraan, hal itu senada dengan pengalaman Ust. Muhaemin salahsatu staf konsuler KBRI Sana'a musibah yang menimpanya terjadi pada beberapa hari yang lalu, ketika beliau mau berangkat ngantor,  Allah Musta'an.

Selain itu juga diperparah oleh adanya gerakan Yaman selatan yang ingin merdeka, gerakan itu terbagi dua antara lain : gerakan damai (silmiyah) dan gerakan bersenjata (silahiyah), gerakan yang kedua ini dibilang cukup berbahaya karena rawan terjadinya konflik perang saudara di Yaman, harapan saya dengan berlangsungnya DIALOG NASIONAL DI YAMAN mampu menjadi sebuah jembatan dalam menemukan solusi untuk mengentaskan seluruh konflik dan permasalahan di Yaman baik dari segi politik, ekonomi, budaya, kemanan dan kedaulatan Yaman

Jujur saya cinta Yaman, karena dalam catatan sejarah bahwa para Masyaikh/Ulama Yaman lah yang berjasa dalam membawa, memasukan dan menyebarkan  Agama Islam di Indonesia, dengan melalui perdagangan, dan mereka bisa membuktikan kepada kita selaku Bangsa Indonesia dan seluruh Dunia bahwa mereka mampu menyebarkan Agama Islam di Indonesia dengan cara damai (tanpa ada unsur paksaan dan peperangan), sehingga sekitar 80% dari jumlah penduduk Indonesia mereka memeluk Agama Islam, dan Indonesia sekarang terkenal dengan Daulah Akbar Islamiyah fil Aalam (Negara Islam Terbesar di Dunia). oleh sebab itu antara Indonesia dan Yaman dijuluki WE ARE THE BIG BROTHER COUNTRIES لإندونيسية واليمن الدولتين الشقيقتين)

Selasa, 02 April 2013

Buku Panduan Cara Mudah Melaksanakan Ibadah Umrah

Sahabat Pembaca Kisah Jawilan kali ini Aa akan share terkait "Buku Panduan Cara Mudah Melaksanakan Ibadah Umrah" sengaja Aa buatkan buku panduan Umrah ini untuk digunakan oleh semua Ummat Islam yang akan melaksanakan Ibadah Umrah, buku panduan Umrah ini sangat sederhana, mudah difahami, dan praktis. Pembuatan buku panduan Umrah ini berawal dari permintaan dari salahseorang pejabat di Kedutaan RI Sana'a Yaman yang akan melaksanakan Ibadah Umrah , dan sudah digunakan oleh beliau dan keluarganya, katanya sangat cocok digunakan dan sangat mudah di fahami.

Bagi Sahabat pembaca Maktabah Jawilan yang akan berangkat Umrah namun masih bingung dengan manasik atau tata cara pelaksanaan nya silahkan di unduh saja buku panduan Ibadah Umrah ini geratis, tapi jangan lupa Do'akan Aa Rony disaat berada di Masjidil Haram ataupun ditanah suci sana, terutama di Multazam, Arroudoh dan di semua tempat disana supaya Aa Hasil Maksud, Selamat Dunia Akhirat. 

Selengkapnya Buku Panduan Cara Mudah Melaksanakan Ibadah Umrah silahkan Sobat     Download Disini

Semoga kehadiran postingan ini bermanfaat bagi kita semua,,,,,,,,,,,, 

Buku Kisah Mengabdi Sambil Berhaji

Sahabat Pembaca Maktabah Jawilan, kali ini Aa akan share tentang "Buku Kisah Mengabdi Sambil Berhaji", buku ini Aa tulis ketika Aa sedang menjadi petugas Haji Indonesia pada tahun 2012 di daerah kerja Jeddah. Berikut ini sedikit kutipan buku nya :  

MENGABDI SAMBIL BERHAJI, sengaja disusun oleh KetuaTemus Mahasiswa Indonesia di Yaman tahun 2012, sebagai bukti jerih payah, dedikasi dan perjuangan kami saat tugas temus Haji di Arab Saudi selama kurang lebih 76 hari, dengan harapan buku sederhana ini bisa di jadikan media informasi sekaligus gambaran tugas bagi sahabat-sahabat temus di masa yang akan datang

Buku Selengkapnya Buku Mengabdi Sambil Berhaji Bisa Sahabat  Download Disini

 photo tbm3_zpse130d6a9.jpg
Nama Mahasiswa
No. Telp
Email :
Alamat Lengkap
Tugas Mahasiswa
Semester & Mata Kuliah
Nama Kampus
========================================================================
TERIMAKASIH ATAS KESEDIAAN ANDA UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH NYA,MATERI TUGAS AKAN DIBAHAS PADA MUHADOROH PEMBELAJARAN DI KAMPUS, JIKA SUDAH DIKIRIM SILAHKAN SMS KONFIRMASI KE A H. RONY DI +6281280485019 SERTA KIRIM BACK UP TUGAS MATA KULIAH KE EMAIL : bakroni_latar@yahoo.com
========================================================================
BUKU TAMU (TINGGALKAN PESAN DISINI)
CARI TULISAN DISINI
PILIH BAHASA